Sabtu, 05 Januari 2013

ARTIKEL IPA PERUBAHAN BENTUK DAN WUJUD BENDA



MENGENALI BERBAGAI BENTUK BENDA
DAN KEGUNAANNYA SERTA PERUBAHAN WUJUD
YANG DAPAT DIALAMINYA


 









Disusun oleh :
Yossi Pratiwi
PGSD 3 SEMESTER 2
MATA KULIAH IPA 1
DOSEN PENGAMPU :
Urifah, M.Pd

SEKOLAH TINGGIL KEGURUAN DAN ILMU PENGETAHUAN
STKIP ISLAM BUMIAYU
TAHUN AJARAN 2012/2013

MENGENALI BERBAGAI BENTUK BENDA
DAN KEGUNAANNYA SERTA PERUBAHAN WUJUD
YANG DAPAT DIALAMINYA

1.      SIFAT-SIFAT BENDA
Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya. Misalnya sifat meja berbeda dengan sifat cermin, sifat kain berbeda dengan sifat plastik, dan sebagainya. Dengan melihat, meraba atau memegang suatu benda, kita akan dapat mengetahui sifat-sifat suatu suatu benda. Sifat-sifat suatu benda antara lain ada yang halus, kasar, lunak, basah, bahkan ada benda yang bercahaya. Maka dari itulah benda dapat dibedakan menjadi 3 wujud yaitu : benda padat, benda cair, dan gas. Masing-masing wujud benda memiliki sifat-sifat tertentu. Sifat-sifat tertentu tersebut dapat dilihat, diantaranya dari bentuk dan isinya.
Perhatikan contoh berikut :
a.        
Meja → termasuk pada benda padat
b.       Balon → termasuk benda gas
c.       Air
 
Gelas berisi air → termasuk pada benda cair


PENGERTIAN
v  Benda padat : benda yang berwujud padat dan mempunyai bentuk dan besar yang selalu tetap
v  Benda cair : bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempatnya, tetapi isinya selalu tetap
v  Benda gas : selalu mengisi ruangan yang ditempatinya, bentuk dan isi gas selalu berubah-ubah

SIFAT-SIFAT BENDA

1.      Sifat-sifat benda padat
a.       Bentuk benda padat selalu tetap. Artinya jika benda itu dipindahkan kemana pun, bentuknya tidak akan berubah
b.      Besar benda padat selalu tetap. Artinya jika benda itu dipindahkan kemanapun, besarnya selalu tetap

2.      Sifat-sifat benda cair
a.    Bentuknya selalu berubah menyesuaikan bentuk wadahnya. Artinya, jika air dimasukkan kedalam botol maka bentunya akan seperti botol. Jika air dimasukkan kedalam gelas maka bentuknya akan seperti gelas. Demikian seterusnya.
b.    Volumenya selalu tetap. Misalnya air didalam gelas yang memiliki volume 50 ml dimasukkan kedalam botol maka volume air didalam botol masih tetap 50ml
Selain air contoh benda cair yang lain adalah kecap, sirup, alkohol, dan minyak.

3.      Sifat-sifat benda gas
a.    Bentuk benda gas selalu berubah sesuai dengan bentuk wadahnya. Artinya bila udara berada didalam botol, maka bentuk udara tersebut akan seperti botol
b.    Volume benda gas selalu berubah dan memenuhi ruangan yang ditempatinya. Artinya, bila udara berada didalam botol maka volume udara tersebut akan sama dengan volume botol.

2.      PERUBAHAN SIFAT BENDA
Benda dapat mengalami perubahan disebabkan oleh banyak hal. Perubahan dapat terjadi dengan sendirinya, dapat pula terjadi karena disengaja. Penyebab perubahan tersebut, anatara lain : umurnya makin tua, adanya penyakit, mengalami pendinginan, pengeringan, pembakaran, perpindahan dan sebagainya. Manusia, hewan, dan tumbuhanpun dapat mengalami atau menyebabkan perubahan.


A.     FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB PERUBAHAN BENDA
Bentuk benda dapat berubah jika suhunya berubah. Benda padat dapat berubah menjadi benda cair jika dipanaskan. Benda cair dapat berubah menjadi benda gas jika dipanaskan. Sebagai contoh bongkahan es akan berubah menjadi air jika dipanaskan, dan air tersebut akan berubah menjadi uap jika diteruskan dipanaskan.
Sebaliknya gas dapat berubah menjadi benda cair jika suhunya diturunkan atau didinginkan. Benda cair dapat berubah menjadi benda padat jika didinginkan. Sebagai contoh uap air akan menjadi air jika suhunya turun. Air akan berubah menjadi es jika didinginkan(misalnya dimasukkan ke dalam lemari es)
Perubahan seperti diatas disebut PERUBAHAN FISIKA. Perubahan fisika adalah perubahan sementara. Benda yang mengalami perubahan fisika akan beruba kembali ke bentuk semula jika suhunya dikembalikkan kesuhu semula.

Perubahan yang terjadi pada suatu benda, menunjukkan ada sesuatu yang mengenai atau terjadi pada benda tersebut. Sesuatu yang mengenai atau terjadi merupakan suatu proses atau kejadian dengan hasil tertentu. Proses perubahan pada suatu benda dapat terjadi secara cepat ataupun perlahan-lahan.
B.     PERUBAHAN YANG TERJADI AKIBAT PEMASAKAN
Bahan makanan yang dimasak pasti mengalami perubahan. Bandingkan keadaannya sebelum dan sesudah dimasak. Tentu saja akan mengalami perubahan. Mengapa demikian??? Karena proses pemasakan menyebabkna bahan makanan mengalami perubahan. Perubahan itu meliputi, mentah menjadi matang, keras menjadi lunak, ukurannya berubah, serta warna dan rasa berubah.
Proses pemasakan bahan makanan bebrapa macam anatara lain : menggoreng, merebus, membakar dan mengukus. Proses inilah yang dapat mengubah sifat-sifat suatu benda. Perubahan di atas disebut PERUBAHAN KIMIA. Perubahan kimia adalah perubahan kekal. Benda yang telah mengalami perubahan kimia tidak akan berubah kembali ke bentuk semula.

1.      Telur

Wujud telur sebelum dimasak adalah berupa cairan kental yang tersimpan didalam cangkang berbentuk lonjong. Telur terdiri dari 2 bagian yaitu bagian bening dan bagian yang berwarna kuning cerah. Setelah dimasak misalnya direbus atau digoreng telur menjadi padat dan bagian yang bening menjadi putih.

2.      Daging sapi

Sebelum dimasak daging sapi berwarna merah, segar, kenyal dan licin. Setelah dimasak daging sapi akan berwarna cokelat lebih kaku tetapi lunak.

3.      Sayuran

Bahan makanan berupa sayuran sebelum dimasak tampak segar, kaku dan warnanya terang. Setelah dimasak sayura ini akan menjadi lemas, lunak, dan warnanya menjadi kurang cerah.

3.      BENDA DAN KEGUNAANNYA
Selain berdasarkan wujudnya,benda dapat di bedakan berdasarkan sifatnya.dengan mengetahui sifatnya,kita akan dapat mengetahui keberadaan dan kegunaan suatu benda.misalnya,saat kita minum dan minuman tersebut terasa manis,maka kita akan lamgsung tau bahwa di dalam minuman tersebut terdapat manis.demikian pula saatkita mencium bau minyak wangi.walaupun tidak mengetahui wujudnya,kita dapat memastikan keberadaan minyak wangi disekitar kita.
A.    Sifat-sifat benda yang terbuat dari beberapa macam bahan
Kita telah mengenal bermacam-macam benda.kaca,kayu,kertas dan plastik termasuk benda padat.namun,bahan-bahan tersebut memiliki sifat yang berlainan.
1.      Sifat benda yang terbuat dari kaca
Kaca bersifat tembus pandang ,tidak tembus air,tahan terhadap api,dan tahan lama.namun,kaca tidak tahan benturan sehingga mudah pecah. Benda yang terbuat dari kaca biasanya mudah pecah.
2.      Sifat benda yang terbuat dari kayu
Kayu merupakan bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat peralatan rumah tangga.kayu memiliki sifat kuat dan tidak mudah patah.namun,kayu memiliki kekurangan,yaitu mudah rusak oleh air.
Benda yang terbuat dari kayu biasanya kuat dan tahan lama asalkan tidak terkena air maupun api.musuh lain dari kayu adalah rayap.tahukah kamu apa itu rayap?agar tahan lama,benda-benda yang terbuat dari kayu sebiknya dicat atau divernis.
3.      Sifat benda yang terbuat dari kertas
Kertas memiliki kelebihan daripada bahan lain,yaitu lebih ringan.namun benda yang terbuat dari kertas memiliki kelemahan, antara lain, mudah robek, rusak, kotor, terbakar, basah.


4.      Benda yang terbuat dari plastik
Benda yang terbuat dari plastik biasanya bersifat ringan,tenbus pandang,tidak tembus air,dan tahan lama.banyak peralatan rumah tangga terbuat dari plastik. Namun, plastik mudah terbakar dan tidak tahan panas.

B.     KEGUNAAN BENDA YANG TERBUAT DARI BEBERPA MACAM BAHAN

Ø  Kegunaan Benda yang terbuat dari kaca

Kaca merupakan bahan yang keras, jernih, tahan terhadap panas, dan tembus cahaya. Namun kaca mudah pecah. Saat ini benda yang dibuat dari bahan kaca bermacam-macam. Contoh-contoh benda tersebut antara lain : cermin, jendela, lampu, gelas, piring, alat-alat laboratorium, dan komponen elektronik.
Pembuatan jenis-jenis benda yang terbuat dan kaca tersebut tentunya memiliki fungsi masing-masing. Gelas berfungsi sebagai tempat minuman, piring berfungsi sebagai tempat makanan, cermin digunakan orang untuk berkaca, dan sebagainya.

Ø  Kegunaannya benda yang terbuat dari kayu
Kayu adalah bahan untuk membuat bangunan dan peralatan rumah tangga. Contoh benda yang terbuat dari klayu, antara lain meja, kursi, lemari, rak buku, pintu, dan jendela. Meja mempunyai fungsi sebagai tempat untuk meletakkan sesuatu, tempat, atau alas saat kita menulis atau menggambar, tempat piring dan gelas saat kita makan, dan sebagainya.
Ø  Kegunaan benda yang terbuat dari kertas

Kertas merupakan suatu bahan yang berbentuk lembaran. Kertas dibuat dari serat kayu. Kertas digunakan untuk menggambar, menulis, sebagai pembungkus makanan, dan sebagainya. Jenis kertas bermacam-macam, mulai dari kertas buatan tangan yang lembut sampai kertas karton yang keras. Kertas sangat praktis karena dapat didaur ulang setelah idak digunakan. Benda lain yang dibuat dari kertas antara lain : majalah, koran, tisu, kardus makananbuku. Fungsi benda-benda tersebut juga berlainan tergantung dari tujuan pembuatannya.

Ø  Kegunaannya benda yang terbuat dari plastik

Plastik dapat digunakan sebagai pengganti bahan alami,seprti kayu,kulit,atau logam.plastik bersifat tidak menyerap air ,tidak mudah pecah,relatif ringan,dan mudah dibentuk.
Benda-benda yang terbuat dari plastik,antara lain,kantong plastik,gelas,piring,sendok,gayung,jashujan,ember,selang plastik,dan sikat gigi.fungsi masing-masing benda yang terbuat dari plastik juga berlainan.sikat gigi digunakan untuk menyikat gigi kita,gayung digunakan untukmengambil air saat kita mandi,ember digunakan sebagai wadah air dan sebagainya.






DAFTAR ISI


Drs. Priyono dan Titik Sayekti, M.Pd, “Ilmu Pengetahuan Alam” untuk SD dan MI Kelas III. Surakarta : Januari 2007 CV. Grahadi
RIPA (Rangkuman Ilmu Pengetahuan Alam) untuk SD, SMP, SMA, DAN UMUM, Jakarta April 2008 : Pustaka Harapan Kita.
Dan internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar